SECRET DE MAISON – A range we describe as Romantic Vintage Industrial.

Merek Secret de Maison digambarkan sebagai furnitur yang memiliki tampilan dan nuansa Romantic-Vintage-Industrial. Ketiga gambaran tersebut mungkin terlihat aneh untuk sebuah merek furnitur, tetapi kami merasa bahwa ketiga gambaran tersebut mampu mendeskripsikan rangkaian koleksi yang inovatif dan eklektik ini dengan sangat sempurna.

Pencipta dan pemilik merek tersebut adalah orang Perancis yang selama bertahun-tahun juga mengalami perkembangan secara mandiri menjelang penciptaan merek Secret de Maison. Seperti kebanyakan orang di bidangnya, pemilik merek tersebut mulai bekerja dengan beberapa kelompok furnitur tradisional Perancis terkenal yang telah lama kita kenal dan sukai.

furniture secret de maison sofa

Secret de Maison

Kelompok pada era Louis XIII di pertengahan tahun 1500-an hingga 1600-an, menandai periode ketika kelas menengah menjadi lebih makmur dan gaya furnitur yang populer di kota-kota dibuat dengan gaya pedesaan untuk menampilkan gaya hidup yang lebih santai di negara ini, dan oleh karena itu, gaya furnitur French Provincial pun lahir. Meja trestle, dengan meja bagian atas meja yang datar nan tebal dan kaki trestle yang anggun, adalah contoh gaya yang mampu mengundang kekaguman kita.

Gaya era Louis XIV adalah lambang kemewahan dan keanggunan serta merupakan gaya yang populer sejak pertengahan 1600-an sampai awal 1700-an. Perabotan pada era ini ditandai dengan marquetry yang rumit, ukiran tebal, dan dekorasi daun berwarna emas dengan hiasan berbentuk cangkang kerang, singa, dan tentu saja, matahari dan sinarnya.

Gaya Regence, yang populer dalam periode yang singkat pada awal 1700-an, terinspirasi oleh tema mitologis dan Oriental. Bunga, kerang dan naga adalah hiasan yang mendominasi pada era itu. Bentuk furnitur pada era tersebut menjadi lebih membungkuk dan bulat seperti peti "bombe" yang khas. Kursi-kursi juga didesain dengan bentuk menyempit dengan bagian dudukan yang lebih dalam. Caning diperkenalkan dan aksen marmer yang digunakan di seluruh permukaan furnitur. Cantik dan romantis, gaya furnitur Perancis ini menjadi sangat populer di Eropa dalam waktu yang sangat singkat.

Periode era Louis XV dimulai sejak tahun 1720-an sampai 1770-an, dan selama periode ini bentuk asimetri dan ornamen berat yang diaplikasikan pada periode Regency dibuat semakin melimpah melalui penggunaan pernis kayu dan marquetry dalam jumlah besar. Semua jenis pernis dan lukisan tangan juga penting, terutama pernis Oriental.

SOFA AND CHAIRS

Gaya Directoire, yang populer dari akhir tahun 1700-an sampai awal 1800-an, mencerminkan transisi dari kerajaan yang flamboyan. Tema kuno dan alam masih terlihat namun ditampilkan dengan jauh lebih kalem. Marquetry ditinggalkan demi diaplikasikannya dekorasi dengan bentuk yang lebih tegas. Pola geometrik lazim digunakan namun tidak sebanyak jumlah yang diaplikasikan sebelumnya, terkadang perajin juga mengintegrasikan dekorasi guci Grecian ke dalam desain. Bentuk caryatid juga digunakan. Dan untuk pertama kalinya, motif Mesir muncul. Furnitur terkadang menggunakan ukiran dalam rupa sphinx dalam pembuatan detail perabot perunggu.

Selama pemerintahan Napoleon, dari 1804-1814, siluet furnitur menjadi lebih megah dan lebih substansial, dengan struktur yang lebih jelas. Gone adalah ukiran halus dan bentuk bulat yang romantis. Tebal dan formal, begitulah gaya Kekaisaran digambarkan oleh elemen arsitektur seperti pilar, pilaster, dan kerajinan yang terbuat dari perunggu. Potongannya biasanya terbuat dari kayu berat seperti kayu mahoni dan eboni dengan penggunaan finishing berwarna gelap. Puncak marmer sangat populer seperti motif Mesir. Melanjutkan tradisi gaya Directoire, perajin menggunakan motif  sphinx, griffin, guci, dan elang untuk menghias karya mereka.

Dari segi furnitur dan dekorasi, periode Restorasi di awal 1800-an, adalah waktu munculnya versi gaya Kekaisaran yang lebih lembut. Para perajin terus menggunakan geometri yang tegas pada periode tersebut namun mereka menambahkan sentuhan imajinasi dan fantasi. Alat musik diukir menjadi kaki dari meja kecil dan meja kerja. Kayu yang dipakai lebih ringan dalam warna dan kerapatannya. Dan seni marquetry kembali diaplikasikan dengan bunga dekoratif, karangan bunga, dan mawar, serta detail yang menegaskan arsitektur dan geometri dari setiap potongannya.

 

 Mindi sofa Secret De Maison

 

Pengaruh dari semua periode furnitur Prancis yang berani dan penting ini masih terlihat jelas dalam merek Secret de Maison saat ini, dan seiring dengan meningkatnya keberhasilan pemiliknya, meningkat pulalah kemampuannya untuk berkeliling dunia dan melakukan pengamatan terhadap desain furnitur di luar wilayah yang pernah dia alami sebelumnya. Kesuksesan dalam pameran dan eksibisi furnitur di seluruh Eropa dan Asia mampu menarik pelanggan dari seluruh dunia, dan bersamaan dengan pelaksanaan berbagai pameran dan eksibisi tersebut muncullah gagasan dan konsep baru lainnya. Penelitian dan perjalanan mencari inspirasi ke benua dan negara-negara seperti Afrika, Eropa, India, dan Thailand memungkinkan desain furnitur etnis dan intrinsik mendapatkan pengaruh dari tempat tersebut dan meresap ke dalam rancangan furnitur yang diramu.

Jadi dengan dasar yang sangat kuat di bidang furnitur Perancis yang dihasilkan dari berbagai kelompok penting, dikombinasikan dengan beragam referensi budaya yang berasal dari seluruh penjuru dunia, kita mampu melihat amalgamasi yang dihasilkan di halaman katalog Secret de Maison.

Mahogany painted French style chairs

                                                                                                         __

Pusat operasi Secret de Maison sekarang adalah pabrik yang didirikan di Jawa Tengah, yang dimulai dari sebuah gudang kecil yang dibangun 16 tahun yang lalu, dan sekarang telah berkembang melingkupi tempat seluas lebih dari 8000 m3. Pemiliknya yang berasal dari Perancis memiliki tim ekspatriat dan orang Indonesia yang berpengalaman dalam mendukung peran dalam kepemimpinannya, dengan total tenaga kerja sekitar 400 orang.

Terdapat banyak perajin yang sangat terlatih untuk menghasilkan perabotan kayu dari material Mahoni dan Mindi yang dikeringkan dengan metode kiln, dengan menggunakan kedua keterampilan tangan tradisional dan mesin modern. Di sinilah pengalaman dan pandangan pemilik benar-benar ikut bermain, menggabungkan unsur-unsur dari semua area pengaruh yang sebelumnya direferensikan ke dalam kombinasi yang baru saja berjalan. Misalnya, mengambil bagian kaki dari sini, sebuah profil diambil dari sana, dengan proporsi dari tempat lain, menambahkan ukiran yang renyah dan sempurna, dan hasilnya adalah perabotan murni dan bentuk dekorasi yang “menyihir” siapapun yang melihatnya. Perangkat keras yang terbuat dari kuningan buatan tangan memberikan sentuhan akhir pada perabotan ini, dan gaya dan bentuk pegangan dan perangkat keras lainnya dipilih dengan cermat agar sesuai dengan karakter potongan furnitur individual. Lemari dan meja serta kursi dengan semua ukuran dan konfigurasi dibuat dan terbentuklah furnitur yang mengagumkan seperti ini. Juga dihasilkan barang-barang musiman, cermin serta berbagai potongan dekoratif lainnya.

 

Upholstery and finishing section

 

Jika kita berbicara tentang finishing furnitur kayu, maka kita dapat mengatakan bahwa pengalaman dan kreativitas pemiliknya sangatlah menonjol. Finishing pernis tradisional ditampilkan dalam berbagai warna coklat yang kaya dan populer, serta warna campuran khusus seperti  “mahoni terang berwarna madu" menambahkan rasa ekslusif pada pilihan yang tersedia. Kontrol kualitas yang teliti dan pengamplasan yang seksama pada multiple grit memastikan semua perabotan memiliki sediaan terbaik sebelum proses finishing dimulai. Sebagian besar perabotan kayu diberi sentuhan akhir dengan semacam pengecatan akhir, yang membutuhkan sentuhan seorang seniman sejati untuk membuatnya menonjol di pasaran pada saat ini. Sementara warna yang digunakan kebanyakan adalah warna-warna putih pucat yang sederhana dan berbagai nada warna abu-abu, cara cat diterapkan memerlukan banyak pengalaman dan bakat untuk menciptakan hasil fantastis yang dapat kita lihat di halaman katalog. Tren terbaru dalam Secret de Maison itu sendiri adalah agar warna cat yang lebih terang dan berani bisa masuk melalui desain terbaru, jadi pastikan Anda tetap mendapatkan informasi terbaru dari penawaran yang diberikan oleh departemen desain.

Saat kayu menjadi bahan utama pada masa lalu, semakin banyak barang baja yang digunakan dalam perkembangan yang lebih baru. Benda-benda yang terbuat dari baja tersebut memberi andil kuat pada bagian "Industri" dari deskripsi merek, dan baja mengalami proses finishing dimana dibutuhkan patina yang telah berusia cukup, dan juga perlindungan dari karat. Item dan komponen baja galvanis memaksimalkan tampilan Industri, dan tetap mempertahankan kemahiran dan gaya Secret de Maison. Item furnitur yang tersedia dengan menggunakan bahan baja meliputi meja kopi, meja samping, rak, dan rak buku.

fabrics at Secret de Maison

Kain yang digunakan dalam perabotan Secret de Maison tetap menawarkan koleksi alami dan warna-warna yang lembut, dan serat alami adalah pilihan utama. Kapas, linen, dan rami berwarna beige, abu-abu dan putih adalah warna andalannya, dan tekstur kainnya agak tebal dan kasar sekaligus menjaga kelembutan dan kenyamanan. Fitur kain poliester dengan kekuatan ekstra dan hard wearing selalu dibutuhkan. Sofa dan kursi santai yang terdaftar dalam koleksi Secret de Maison sangatlah mendukung kebutuhan Anda dan nyaman dipakai, dan sekumpulan bantal biasanya disertakan sebagai tempat dudukan yang mewah dan nyaman. Busa tahan api bersertifikat sepenuhnya digunakan di semua perabotan nan lembut ini, dan underframe kayu yang kuat memberikan fondasi yang kokoh untuk memasang rangka pada jok.

Kulit kambing yang disamak secara lokal digunakan untuk melapisi beberapa produk seperti bangku, bangku berkaki, dan beberapa jenis kursi. Dengan bulu-bulu yang masih melekat pada kulitnya, barang-barang berlapis material ini akan terlihat alami dan lembut. Bantal juga bisa diselimuti dengan kulit kambing dan keahlian penyamak kulit yang hebat sama artinya dengan kenyamanan dan kekuatan kulit kambing tersebut dapat Anda nikmati selama bertahun-tahun.

Desks at Secret de Maison

Berbagai jenis aksesoris yang disediakan untuk dibeli dengan merek ini benar-benar mampu mencuri perhatian Anda. Berbagai jenis lampu yang terbuat dari berbagai bahan dan model mulai dari lampu berdiri, lampu meja kerja, lampu meja tamu, dan lampu yang dipasang di dinding memberi Anda kemampuan untuk mengubah suasana tempat tinggal Anda dengan pencahayaannya yang hangat dan tenang. Cermin dalam segala bentuk, ukuran dan gaya yang terbuat dari kayu dan logam, serta jam berukuran besar dan kecil yang mudah dihias akan memberi Anda kemampuan untuk menghiasi dinding Anda dengan ornamen-ornamen dekoratif dan mengisi ruang kosong nan hampa dalam ruang gerak Anda. Juga tersedia berbagai ornamen bernilai seni dengan segala bentuk dan ukuran untuk sekadar menghias rumah Anda dan memberikan sentuhan akhir pada saat Anda merenovasinya.

Bagi kita yang tidak terbiasa dengan bahasa Perancis, "Secret de Maison" berarti "Rumah Rahasia" dan konon rahasia yang tersimpan di dalamnya dipertahankan pada masa lalu, namun kini rahasia ini telah dibocorkan kepada kebanyakan orang Indonesia seperti yang belum pernah Anda dapati sebelumnya. Bagi orang-orang di luar sana yang siap untuk mendapatkan keuntungan dari bakat gabungan yang luar biasa yang dimiliki oleh sang pencipta Secret de Maison, dan keterampilan serta perawatan tim berpengalamannya, ikutilah blog ini dan telusurilah satu demi satu halaman katalog Secret de Maison pada W Home.