Wastafel dan bak mandi kayu adalah sebagian dari produk unggulan kami.

Kami menghabiskan berbulan-bulan untuk meneliti teknik sambungan kayu, teknik mesin kayu, pengeleman, finishing, dan berbagai hal lain tentang kayu, bahkan sebelum kami memasuki proses desain. Semua wastafel terbuat dari kayu Jati dan Mahoni yang dikeringkan melalui proses pengovenan dan kami membaginya menjadi tiga kategori proses : dibubut, dipahat dan dirakit.

WASTAFEL BUBUT

Wastafel bubut berbentuk bulat dibuat menggunakan metode laminasi tumpukan kayu, dengan kata lain kami menyusun beberapa lapis lingkaran kayu hingga membentuk sebuah wadah. Setiap lingkaran terbuat dari potongan kayu berbentuk segi delapan  dengan sudut yang dihitung secara akurat kemudian direkatkan menjadi bentuk setengah lingkaran. Bentuk-bentuk setengah lingkaran ini memiliki bagian dalam yang kemudian diatur dan direkatkan hingga membentuk lingkaran. Dua lapisan pada bagian dasar bukanlah berupa lingkaran kayu, namun terbuat dari lapisan benda padat, sehingga bisa dipasang pipa air melalui lubang. Lingkaran-lingkaran kayu kemudian disatukan dengan mengunakan tatakan dan direkatkan dengan menggunakan lem epoksi “marine grade”,  yaitu sejenis epoksi yang jauh lebih kuat daripada epoksi pada umumnya. Kami juga menambahkan campuran epoksi khusus yang disebut “microballoons”, yang mengubah epoksi cair menjadi pasta sehingga lebih efisien dan tidak terbuang percuma. Pembuatan mangkuk dan wastafel kayu dengan metode laminasi tumpukan adalah metode klasik yang sudah digunakan dari generasi ke generasi, dan kami bangga bisa menggabungkan metode tradisional dan modern untuk menciptakan semua produk kami.      

turning wooden basins

Ketika sudah berbentuk wadah, kami mengaturnya menjadi sebuah mangkuk dengan menggunakan  mesin bubut, sehingga kita bisa membuat mangkuk dengan diameter hingga 1000 milimeter. Bagian luar adalah yang pertama dibubut dengan alat bubut yang ujungnya terbuat dari  logam jenis wolfram/tungsten yang kami buat khusus. Lalu, kami membaliknya dan menyelesaikan bagian wadah dalamnya kemudian membentuk bagian luar sesuai dengan model tertentu. Ketika kayu berputar sangat cepat disitulah keahlian dan ketrampilan perajin kami menjadi sangat penting.  Membutuhkan pengalaman bertahun-tahun untuk menguasai penggunaan perkakas tajam pada kayu Jati dan Mahoni yang berputar dalam kecepatan tinggi, agar tercipta produk dengan desain yang luar biasa dan elegan.  

Wastafel akan tetap di tangan perajin bubut untuk proses pengampelasan. Pengampelasan dilakukan di seluruh bagian kayu sampai permukaan kayu menjadi sangat halus dan siap untuk memasuki tahap finishing.

teak bathroom basin

WASTAFEL PAHAT

Wastafel pahat kami dibuat dengan menggunakan metode laminasi yang berbeda. Kami memotong  lapisan kayu yang diperlukan dan setelah proses pemotongan kami rekatkan potongan dalam bentuk kasar tersebut dengan ‘marine grade’ epoksi. Ketika sudah kering, kami mulai membentuk bagian dalam dan luar.  Sebagian besar bagian kayu yang tidak diperlukan akan dihilangkan dengan cara dipahat. Pemahatan yang menghasilkan bentuk setengah jadi dilakukan dengan alat pahat yang dibuat oleh penduduk lokal, lalu wastafel akan dibentuk dengan mesin sanding khusus.

carved wooden basins

Kemudian kami mengampelas seluruh bagian kayu yang dikerjakan tangan sampai wastafel menjadi sangat halus, dan siap untuk di-finishing.

WASTAFEL RAKIT

Wastafel rakitan dibuat oleh komponen mesin yang akurat dengan teknik sambungan kayu yang tepat. Fitur yang paling menonjol dari wastafel ini adalah sudut berbentuk lengkung di semua bagian sambungannya. Lipatan-lipatan wastafel yang berbentuk papan 45 derajat diperkuat dengan kuncian kayu, dan lekukannya dipotong dari atas hingga bawah di dekat tiap sudut agar setiap sudutnya sesuai dengan lengkungan bagian dalam. Bagian dasar dibuat agar memungkinkan air mengalir dan cocok dengan alur lekukan. Keahlian khusus diperlukan untuk memotong komponen kayu dan merekatkan semua potongan kayu menjadi satu. Proses ini juga menggunakan epoksi ‘marine grade’. Setelah lem yang kering dibersihkan, wastafel diampelas dengan menggunakan mesin dan juga diampelas tangan sampai betul-betul halus dan siap untuk proses finishing.

teak bathroom basin febe

BAK MANDI KAYU

Produk bak mandiJati dan Mahoni kami melambangkan kecintaan kami untuk menggunakan metode pengerjaan kayu secara tradisional pada desain modern. Hal ini terlihat pada semua sambungan ekor burung yang dibuat dengan tangan-tangan trampil untuk perakitan bak mandi kami. Produk bak mandi kami yang sangat populer menggunakan sambungan ekor burung yang  memperlihatkan kerumitan dan keindahan kelas atas. Persiapan yang teliti dan pengerjaan yang benar, baik dalam proses pemotongan maupun pemahatan, adalah kunci kesuksesan kami. Hanya ada satu kesempatan untuk membuat merakit sambungan. Sambungan-sambungan tersebut harus menyatu dengan benar atau bak mandi akan jadi tidak sempurna dan kesempurnaan ini dilakukan oleh perajin kayu terbaik kami. Ketika sudah kering dan bersih, lantai bak mandiyang belum terbentuk disisipkan dari bagian bawah agar berada tepat di bawah gasket karet anti bocor. Terakhir, kaki atau dasar alas didempetkan dan semua gabungan potongan kayu pada bak mandi dibentuk dengan indah dan diampelas hingga siap untuk proses finishing.

teak bathtubs

PROSES FINISHING WASTAFEL DAN BAK MANDI

Pada proses ini keajaiban benar-benar terjadi dan kayu mendapatkan perawatan khusus sehingga kayu menjadi terlihat hidup. Kami menggunakan material khusus untuk proses akhir pada semua peralatan kamar mandi kayu kami sehingga kayu yang digunakan tahan air. Bahan yang digunakan adalah sejenis pernis polyurethane yang melapisi kayu dengan sempurna dan membentuk pengikat tingkat molekular.  Kami menerapkan enam lapis pernis polyurethane, dan di setiap lapisan,  lubang-lubang molecular pada kayu tertutupi oleh pernis polyurethane, sehingga uap lembab tidak bisa muncul atau masuk ke kayu.  Itu artinya bahwa pelapisan kayu dengan cara ini benar-benar anti air dan dapat tahan dengan sabun, sampo, atau produk lain yang biasa ditemukan di kamar mandi. Proses akhir ini benar-benar memungkinkan kita untuk menggunakan perabotan kayu di kamar mandi. Sepuluh tahun yang lalu, proses akhir seperti ini belum ada, dan sekarang Anda bisa memiliki peralatan mandi kayu di kamar mandi yang sebelumnya Anda kira tidak mungkin. 

Meskipun demikian, Anda harus berhati-hati dengan peralatan kamar mandi seperti pembersih kamar mandi yang berbahan keras, pembersih kamar mandi yang tajam, atau pewarna rambut yang bisa menyebabkan noda. Untuk membersihkan wastafel atau  bak mandi, cukup gunakan air sabun, lap, atau  spons. Jika Anda memiliki beberapa area yang perlu dibersihkan ekstra, cukup gunakan sikat gosok berbulu plastik. Produk-produk kamar mandi kayu kami akan tahan bertahun-tahun, dan seiring bertambahnya usia produk tersebut akan terlihat semakin mengilap, namun yakinlah bahwa kehandalan produk kami terjamin.